Cara Membuat Roti Tawar yang Empuk, Lembut dan Enak, Bikin Sendiri di Rumah

 On Monday, November 5, 2018  


Roti adalah makanan olahan tertua di dunia. Bukti dari 30.000 tahun lalu di Eropa memperlihatkan residu tepung di permukaan bebatuan yang digunakan untuk menumbuk makanan. Cara membuat roti tawar adalah dengan menggunakan tepung gandum atau tepung terigu.

Meski sangat populer, sejarah roti tawar tidak diketahui secara pasti. Namun, banyak yang meyakini bahwa cikal bakal roti tawar adalah roti pipih yang ditemukan bangsa Mesir Kuno. Roti tawar kemudian terus mengalami perkembangan. Pada 7 Juli 1928, roti tawar mulai dijual secara umum oleh pabrik roti Chillicothe Baking Company di Missouri, Amerika Serikat. Sejak saat itu, roti tawar mulai banyak digemari dan mendunia. Termasuk di Indonesia.

Roti tawar merupakan makanan favorit untuk disantap sebagai menu sarapan. Teksturnya yang empuk dan lembut membuat banyak orang menggemari roti tawar. Apalagi saat dipadukan dengan selai. Roti tawar memiliki kandungan serat, karbohidrat, dan protein yang tinggi.

Roti tawar saat ini memang mudah didapatkan. Di setiap toko bahan makanan pasti menjual roti tawar. Namun sesekali tidak ada salahnya lho membuat roti tawar sendiri di rumah, apalagi sudah banyak mesin pembuat roti otomatis seperti Re-Bread. Dengan cara membuat roti tawar yang benar dijamin deh hasilnya pasti lembut dan enak, nggak kalah dari produksi pabrikan. Nah, berikut ini cara membuat roti tawar.

Bahan-bahan:

500 gr tepung terigu berprotein tinggi
3 sendok makan susu bubuk
1 butir telur ayam
3 sendok makan mentega putih
200 ml air dingin atau air es
5 sendok makan gula pasir
1 sendok makan ragi instan
1 sendok teh garam halus

Cara membuat roti tawar yang empuk dan lembut:

1. Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, garam dan ragi instan, lalu aduk rata.

2. Masukkan telur lalu tuang air es sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan tangan hingga menggumpal. Lalu masukkan mentega putih dan aduk terus hingga adonan menjadi keras.

3. Bulatkan adonan lalu diamkan dalam wadah tertutup rapat selama 30 menit.

4. Kempiskan adonan dengan cara ditinju lalu masukkan kedalam loyang khusus roti tawar yang sudah dioles dengan mentega terlebih dahulu. Diamkan selama 45 menit hingga adonan mengembang.

5. Panggang dalam oven roti sampai roti tawar benar-benar matang kira-kira selama 20 menit

6. Potong-potong roti tawar lalu siap untuk disajikan
Cara Membuat Roti Tawar yang Empuk, Lembut dan Enak, Bikin Sendiri di Rumah 4.5 5 Nurdian Monday, November 5, 2018 Roti adalah makanan olahan tertua di dunia. Bukti dari 30.000 tahun lalu di Eropa memperlihatkan residu tepung di permukaan bebatuan yang digunakan untuk menumbuk makanan. Cara membuat roti tawar adalah dengan menggunakan tepung gandum atau tepung terigu. Roti adalah makanan olahan tertua di dunia. Bukti dari 30.000 tahun lalu di Eropa memperlihatkan residu tepung di permukaan bebatuan yan...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.